Ketinggihan Tsunami Mentawai 5 Meter

ADSENSE HERE!
Tsunami menyusul gempa berkekuatan 7,2 skala Richter melanda Pulau Pagai Selatan di Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat, Senin silam. Fenomena ini ternyata menarik minat sejumlah ilmuwan Jepang. Baru-baru ini, Shunichi Koshimur, profesor Pusat Penelitian Bencana Alam Universitas Tohoku, Jepang, membuat perhitungan berdasarkan data yang dikumpulkan selama gempa yang terjadi di Mentawai, beberapa waktu silam.



Hasil penelitian Koshimura menunjukkan, tsunami menyebar keluar dari pusat gempa. Selain itu, posisi patahan menyebabkan gelombang menjadi lebih besar di sisi timur laut, di mana tsunami terparah terjadi di Kepulauan Mentawai.

Analisisnya menunjukkan pula, gelombang setinggi tiga sampai empat meter menghantam Pulau Pagai Selatan dalam waktu 20 menit. Sebuah simulasi yang dilakukan juga menunjukkan bahwa gelombang tsunami itu mencapai lima meter di ujung selatan pulau, hingga 5,2 meter di beberapa tempat.

Lebih Koshimura menjelaskan, tsunami terutama tinggi di bagian pulau karena daratannya yang menonjol. Ia menambahkan, bentuk garis pantai dan karakteristik dasar laut di tempat seperti itu memang dapat menimbulkan kumpulan arus gelombang lebih kuat.
ADSENSE HERE!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © Info Kosan Semarang. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design